Cerita Kisah Arjuna (Pandawa)

     Dewi Kunti istri pertama Raja Pandu menerima anugerah dari seorang Resi Durwasa sebuah Mantra yang mampu memanggil Dewa sesuai dengan yang diharapkannya, dan juga dapat memperoleh anugerah dari dewa yang dipanggilnya. Raja Pandu dan Kunti menggunakan anugerah tersebut untuk memanggil Dewa Yama(Dewa indra) yang kemudian memberi mereka putra. Arjuna merupakan putra ketiga, lahir dari Indra, pemimpin para Dewa. Ia lahir di lereng gunung Hilmawan, di sebuah tempat yang disebut Satsringa pada hari saat bintang Utara Phalguna tampak di Zenith.

Masa muda

   Arjuna dan Saudaranya Berguru pada Dronacarya, sang Guru menguji kemampuan memanah murid-muridnya. Ilustrasi dari Mahabharata terbitan Gorakhpur Geeta Press.

    Pangeran Arjuna dididik Oleh Guru Drona bersama dengan saudara-saudaranya yang lain (para Pandawa  dan Kurawa). Kemahirannya dalam ilmu memanah sudah tampak sejak kecil. Pada usia muda ia mendapat gelar Maharathi atau "kesatria terkemuka". Dalam suatu ujian, Drona meletakkan burung kayu pada pohon, lalu menyuruh muridnya satu-persatu untuk membidik burung tersebut, kemudian menanyakan apa saja yang sudah mereka lihat. Banyak murid yang menjawab bahwa mereka melihat pohon, cabang, ranting, dan segala sesuatu yang dekat dengan burung tersebut, termasuk burung itu sendiri. Ketika tiba giliran Arjuna untuk membidik, Drona menanyakan apa yang dilihatnya. Arjuna menjawab bahwa ia hanya melihat burung saja, tidak melihat benda yang lainnya. Hal itu membuat Drona kagum dan meyakinkannya bahwa Arjuna sudah pintar.

    Suatu hari, ketika Guru Drona sedang mandi dan Ritual di dalam Sungai Gangga, seekor Buaya datang mengigitnya. Drona dapat membebaskan dirinya dengan mudah, namun karena ingin menguji keberanian murid-muridnya maka ia berteriak meminta tolong. Di antara murid-muridnya, hanya Arjuna yang datang memberi pertolongan. Dengan panahnya, ia membunuh buaya yang menggigit gurunya. Atas pengabdian Arjuna, Guru Drona memberikan sebuah Astra yang bernama Brahmasirsa. Drona juga mengajarkan kepada Arjuna tentang cara memanggil dan menarik astratersebut. Menurut dalam sebuah Kisah cerita Mahabharata ,Brahmasirsa hanya dapat ditujukan kepada Dewa, Raksasa, setan jahat, dan makhluk sakti yang berbuat jahat, agar dampaknya tidak berbahaya.

Bersambung......

Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Mahabharata

Penobatan Karna Menjadi Raja dari Angga

   Suatu ketika Guru Drona pertunjukkan hasil pendidikan para Pandawa dan Kurawa di hadapan para bangsawan dan rakyat Hastinapura...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.