Kisah Pandawa Prabu Yudistira

Yudistira adalah putra tertua pasangan Raja Pandu  dan Ratu Kunti, raja dan ratu dari kalangan Dinasti Kuru, Kerajaan Kurusetra dengan pusat pemerintahan di Hastinapura.

    Kitab Mahabharata bagian pertama mengisahkan tentang kutukan yang dialami Pandu pada saat berburu Rusa, Raja Pandu saat itu melihat 2 Rusa kemudian Raja pandu memanah Rusa itu dan Rusa itu tergeletak, setelah itu Raja pandu mendatangi Rusa itu tapi ternyata Rusa yang di panah tadi jelmaan dari Resi Kindama, Raja Pandu kaget dan Meminta Maaf kepada sang Resi,  tapi istri sang Resi tidak Terima dan sangat Marah , Raja Pandu hanya diam saja, Menjelang ajalnya tiba, Resi Kindama mengutuk Raja Pandu bahwa kelak ia akan mati ketika bersetubuh dengan istrinya. Dengan penuh penyesalan, Pandu meninggalkan takhta Hastinapura dan memulai hidup sebagai pertapa di hutan untuk mengurangi hawa nafsu. Kedua istrinya, yaitu Kunti dan Madri dengan setia mengikutinya.

   Setelah lama tidak dikaruniai keturunan, Pandu mengutarakan niatnya untuk memiliki anak. Kunti yang saat itu telah menguasai Mantra Adityahredaya segera mewujudkan keinginan suaminya. Mantra tersebut adalah sebuah Mantra yang  khusus untuk memanggil Dewa untuk mendapatkan putera. Dengan menggunakan mantra itu, Kunti berhasil mendatangkan Dewa Dharma dan mendapatkan anugerah putra darinya tanpa melalui hubungan intim. Putra pertama itu diberi nama Yudistira. Dengan demikian, Yudistira menjadi putra sulung Raja Pandu, sebagai hasil pemberian Dharma, yaitu dewa keadilan dan kebijaksanaan.

Cukup sekian sekilas cerita Raja Yudistira,  Putra Pertama Raja pandu yang mewarisi tahta kerajaan Hastinapura..  Mohon maaf kalau ada salah dan kekurangan. Terima kasih

Share:

2 comments:

Search This Blog

Powered by Blogger.

Mahabharata

Penobatan Karna Menjadi Raja dari Angga

   Suatu ketika Guru Drona pertunjukkan hasil pendidikan para Pandawa dan Kurawa di hadapan para bangsawan dan rakyat Hastinapura...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.